Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Feeding Rules dan Distribusi Flashcard Affirmation terhadap Status Gizi Anak Prasekolah di TK Albirru Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.58730/jnhs.v2i2.82Keywords:
Affirmasi Positif, Anak Prasekolah, Feeding Rules, Status Gizi, Sulit MakanAbstract
Gizi memegang peranan penting dalam siklus hidup manusia. Kekurangan gizi pada anak akan menimbulkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Kekurangan gizi pada anak prasekolah sering disebabkan oleh masalah sulit makan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah sulit makan pada anak agar status gizi dalam rentang normal adalah pemberian pendidikan kesehatan tentang feeding rules dan distribusi flashcard affirmation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang feeding rules dan distribusi flashcard affirmation terhadap status gizi anak prasekolah di TK Albirru Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperiment dengan rancangan one group pretest and posttest without control. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu yang memiliki anak usia prasekolah dengan status gizi kurang dan mengalami masalah sulit makan. Jumlah sampel yaitu 14 ibu, teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu timbangan digital, vidio edukasi, flashcard affirmation dan lembar monitor  bb/u. Uji statistik yang digunakan yaitu paired T-test dengan hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan status gizi anak berdasarkan bb/u sesudah intervensi pendidikan kesehatan tentang feeding rules dan distribusi flashcard affirmation dengan hasil p value= 0,000. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan sebagai salah satu alternatif mengatasi masalah sulit makan dan gizi kurang pada anak.References
Riskesdas, “Profil Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2019,†Pemerintah Provinsi Lampung Dinkes, no. 44, p. 136, 2019.
S. Soetardjo and M. Soekatri, Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan, 2nd ed. Jakarta: Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama, 2017.
D. R. Sjarif et al., Rekomendasi ikatan dokter anak indonesia pendekatan diagnosis dan tatalaksana masalah makan pada batita di indonesia. 2014.
B. A. Paramashanti, Gizi Bagi Ibu Dan Anak. Yogyakarta: Yogyakarta : PT. Pustaka Baru, 2019.
D. Darwati, M. Mexitalia, S. Hadiyanto, F. Hartanto, and S. A. Nugraheni, “Pengaruh Intervensi Konseling Feeding Rules dan Stimulasi Terhadap Status Gizi dan Perkembangan Anak di Posyandu Kabupaten Jayapura,†Sari Pediatr., vol. 15, no. 6, p. 377, 2016, doi: 10.14238/sp15.6.2014.377-84.
Rofifah, “Paper Knowledge Toward a Media Histori of Documents,†vol. 12–26.
E. P. Rahayu, N. Handayani, L. Delina, T. Ayu, and A. Laranti, “Edukasi Feeding Rules Dan Distribusi Flashcard Affirmation Sebagai Upaya Mengatasi Masalah Makan,†JMM (Jurnal Masy. Madani), vol. 5, no. 6, pp. 3193–3202, 2021.
M. B. Siahaan, “Pengaruh Pola Asuh Berbasis Hypnoparenting dan Penyuluhan Status Gizi pada Ibu terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu dan Status Gizi Balita di Klinik Sumiariani Medan Johor Tahun 2018,†Skripsi Poltekkes Kemenkes RI Medan, pp. 1–76, 2018.