Edukasi Penatalaksanaan Hipertensi dan Pola Hidup Sehat Pada Pasien Hipertensi

Authors

  • Achirman Achirman Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ilmu Kesehatan Pertamedika, Jakarta
  • Maryati Maryati Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ilmu Kesehatan Pertamedika, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58730/jcshs.v1i2.79

Keywords:

Edukasi, Hipertensi, Pola Hidup Sehat

Abstract

Salah satu penyakit degenerative yang menjadi prioritas kesehatan secara global adalah hipertensi. Hipertensi adalah salah satu masalah penyebab kematian di dunia. Prevalensi hipertensi di IndonesiMasih banyaknya penderita hipertensi perlu mendapat penanganan yang serius karena timbul akibat adanya interaksi dari berbagai faktor resiko yang dimiliki sehingga resiko terjadinya komplikasipun semakin besar.  Pentingnya pemberian informasi Kesehatan untuk meningkatkan kesadaran penderita hipertensi akan komplikasi dari hipertensi. Pemberian edukasi merupakan salah satu cara pemberian informasi dalam rangka meningkatkan pemahaman penderita hipertensi tentang penyakit hipertensi sehingga penatalaksanaan hipertensi dapat dilakukan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan tentang cara penatalaksanaan hipertensi dan pola hidup sehat agar hipertensi dapat terkontrol. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu dengan cara penyuluhan dirancang dalam bentuk pemaparan materi tentang hipertensi dengan diskusi dan tanya jawab. Peserta pengabdian masyarakat mengerjakan pre-test dan post-test. Hasil post-test menunjukkan bahwa peserta pengabdian masyarakat mengalami peningkatan pengetahuan dari 75% menjadi 91% setelah diberikan penyuluhan. Pemberian edukasi bisa dilakukan dengan kombinasi edukasi dengan berbagai metode tidak hanya diskusi dan tanya jawab saja. Diharapkan kegiatan penyuluhan seperti ini dapat diberikan secara berkesinambungan oleh fasilitas Kesehatan seperti puskesmas, klinik, dan rumah sakit sehingga angka kejadian hipertensi bisa ditekan.

References

Hamria, Mien, and M. Saranani, “Hubungan Pola Hidup Penderita Hipertensi Dengan Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Batalaiworu Kabupaten Muna,†J. Keperawatan, vol. 4, no. 1, pp. 17–21, 2020, doi: 10.46233/jk.v4i01.239.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, “Riset Kesehatan Dasar tahun 2018.†Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Republik Indonesia, Jakarta, 2018.

M. Rifai and D. Safitri, “Edukasi Penyakit Hipertensi Warga Dukuh Gebang Kabupaten Gunungkidul,†J. BUDIMAS, vol. 04, no. 02, pp. 1–6, 2022, doi: 10.29040/budimas.v4i2.4101.

S. Notoatmodjo, Metodologi Penelitian Kesehatan, 3rd ed. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2018.

K. Kadriati Erna, Hasifah, “Peningkatan Pengetahuan Tentang Hipertensi Kepada Masyarakat,†J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 5–6, 2021.

B. C. Tobias, Kiswati, S. Mardijanto, and A. E. Amrullah, “Hubungan pengetahuan tentang hipertensi dengan perilaku lansia dalam pencegahan hipertensi di posyandu lansia desa tegal wangi kecamatan umbulsari kabupaten jember,†J. Kesehat. dr. SOEBANDI, vol. 3, no. 2, pp. 143–154, 2015.

F. Istiqomah, A. I. Tawakal, C. D. Haliman, and D. R. Atmaka, “Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Pengetahuan Hipertensi Peserta Prolanis Perempuan Di Puskesmas Brambang, Kabupaten Jombang,†Media Gizi Kesmas, vol. 11, no. 1, pp. 159–165, 2022, doi: 10.20473/mgk.v11i1.2022.159-165.

R. Lisiswanti and D. N. A. Dananda, “Upaya Pencegahan Hipertensi,†Majority, vol. 5, no. 3, pp. 50–54, 2016.

A. Febrina Angraini Simamora, Anwar Parlindungan, Dola Angreni, Cholijah Hasibuan, A. Arif, Juli Pratiwi, Cahaya Prima, Hilda Auliani, Ahmad ryal, Aji zahari, Ayu Andira, and L. P. Boby Kurnia, Devi Permata Sari, Febri Handayani, Hilda Auliani, “Pendidikan Kesehatan Bagi Lansia Penderita Hipertensi Di Desa Aek Nabara Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan,†J. Pengabdi. Masy. Aufa, vol. 3, no. 3, pp. 64–67, 2021.

Y. Widjaja, W. Tjongarta, and W. H. Fadhilah, “Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Hipertensi Pada Masa Pandemi Covid-19,†in Prosiding SENAPENMAS, 2021, p. 683. doi: 10.24912/psenapenmas.v0i0.15078.

Downloads

Published

2023-04-17

Issue

Section

Health Education