Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Covid-19 dengan Perilaku Menerapkan Protokol Kesehatan pada Siswa

Authors

  • Indah Yulistiani STIKes Pertamedika
  • Ratna Sari Dinaryanti Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamedika, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58730/jnhs.v1i2.26

Keywords:

Pengetahuan, Covid-19, Perilaku, Protokol Kesehatan

Abstract

Covid-19 kepanjangan dari Corona Virus Disease–19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Severe Acutte Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Salah satu upaya untuk mencegah penyebaran penyakit Covid-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilisasi). Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi dengan desain studi cross sectional. Sampel merupakan seluruh siswa di SMP Yayasan Raudhatul Hikmah Anisa Kresek dengan menggunakan metode total sampling sebanyak 100 orang. Pengambilan data dengan menggunakan Quesioner. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang covid-19 dengan perilaku menerapkan protokol kesehatan (p=0,144). Maka penelitian ini menunjukan bahwa terbanyak responden yang memiliki tingkat pengetahuan cukup baik yaitu (57,0%) dan bahwa mayoritas responden memiliki perilaku menerapkan protokol kesehatan yang baik.

References

D. J. C. Suryaatmaja and I. S. M. Wulandari, “Hubungan tingkat kecemasan terhadap sikap remaja akibat pandemik covid-19,†Malahayati Nurs. J., vol. 2, no. 4, pp. 820–829, 2020, doi: 10.33024/manuju.v2i4.3131.

A. D. Pratiwi, “Gambaran Penggunaan Masker di Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat di Kabupaten Muna,†Pros. Nas. Covid-19, pp. 52–57, 2020.

Kementerian Kesehatan, “Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI,†2020. https://covid19.kemkes.go.id/protokol-covid-19/kmk-no-hk-01-07-menkes-413-2020-ttg-pedoman-pencegahan-dan-pengendalian-covid-19 (12 Februari 2022).

S. Maywati, S. Santiana, L. Oktiwanti, and I. Hoeronis, “Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Mencegah Penularan COVID-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya,†PENA ABDIMAS, vol. 2, no. 1, pp. 56–62, 2021.

S. Siyoto and M. A. Sodik, Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Notoatmojo, Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2014.

D. A. S. Lubis, “Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Sikap dan Perilaku terhadap Pencegahan Infeksi Covid-19 Pada Mahasiswa Semester 6 Fakultas Kedokteran USU,†Universitas Sumatera Utara, 2021. [Online]. Available: https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/31033. (12 Februari 2022).

W. I. Mubarak, Promosi kesehatan untuk kebidanan. Jakarta: Salemba Medika, 2011.

D. Anggreni and C. A. Safitri, “Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang COVID-19 dengan Kepatuhan Menerapkan Protokol Kesehatan di Masa New Normal,†Hosp. MAJAPAHIT, vol. 12, no. 2, pp. 134–142, Nov. 2020, doi: 10.55316/hm.v12i2.662.

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Yulistiani, I., & Dinaryanti, R. S. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Covid-19 dengan Perilaku Menerapkan Protokol Kesehatan pada Siswa. Journal of Nursing and Health Science, 1(2), 37–41. https://doi.org/10.58730/jnhs.v1i2.26

Issue

Section

Research Article