Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Anak Prasekolah

Authors

  • Yesy Yesy Catholic Musi Charitas of University

DOI:

https://doi.org/10.58730/jnhs.v2i3.87

Keywords:

Anak prasekolah, pengetahuan ibu, perkembangan personal sosial.

Abstract

Latar belakang: Anak usia prasekolah adalah anak berusia 3 sampai 6 tahun, anak prasekolah juga disebut masa keemasan. Fase keemasan ini adalah puncak perkembangan fisik dan otak pada anak. Masa perkembangan ini menjadi penting dalam stimulus dan pendampingan dari keluarga terutama ibu. Ibu adalah sosok yang berperan penting dalam proses perkembangan anak usia prasekolah. Di tahap ini, para ibu juga harus mengetahui setiap tahap perkembangan anak seperti personal sosial, bahasa, motorik halus dan motorik kasar. Sehingga diperlukan tingkat pengetahuan yang baik yang dimiliki oleh ibu. Pengetahuan adalah hasil dari mengetahui suatu ilmu dan telah dilakukan untuk menentukan objek yang akan diimplementasikan.Tujuan: Penelitian yang dilakukan untuk melihat pengetahuan ibu tentang perkembangan pada anak usia prasekolah.Metode: Jenis penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel 38 ibu yang memiliki anak usia prasekolah. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan Ibu tentang perkembangan anak usia prasekolah.Hasil: Hasil penelitian berdasarkan karakteristik responden yaitu pendidikan SMA (16, 42,1%), usia dewasa madya (17, 44,6%), pekerjaan ibu rumah tangga (26, 68,4%) dan pengetahuan didapatkan yang memiliki pengetahuan baik sebanyak (28, 73,7%), cukup (8, 21,2%) dan kurang (2, 5,3%).Kesimpulan: Berdasarkan penelitian tingkat pengetahuan ibu yang memiliki anak usia prasekolah mayoritas memiliki tingkat pengetahuan baik sebanyak 73,7%. Sehingga diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan para ibu.Kata kunci: anak prasekolah, pengetahuan ibu, perkembangan personal sosial.

Author Biography

Yesy Yesy, Catholic Musi Charitas of University

Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

References

T. Kyle and S. Carman, Keperawatan Pediatri (Pedriatic Nursing Clinical Guide). Jakarta: EGC, 2015.

Zulfajri, M. Muhibullah, M. Sirojudin Nur, A. Wahyuni, U. Winarningsih, and R. Wahyuningsih, Pendidikan Anak Prasekolah, 1th ed. Jawa Barat: Edu Publisher, 2021.

B. Richardson, Pediatric Primary Care: Practice Guidelines for Nurses, 4th ed. United States of America: Jones & Barlett Learning, 2020.

A. Oktiawati, Khodijah, I. Setyaningrum, and R. C. Dewi, Teori dan Konsep Keperawatan Pediatrik, 1th ed. Jakarta Timur: CV. Trans Info Media, 2017.

Kemenkes RI, “Pedoman SDIDTK di Puskesmas 2019.†Kementrian Kesehatan RI, Jakarta, p. 138, 2019.

“Population Pyramid 2022 (update 2019).†.

UNICEF, “Situasi Anak di Indonesia - Tren, Peluang, dan Tantangan dalam Memenuhi Hak-hak Anak,†Unicef, pp. 8–38, 2020.

A. Pillitteri, Maternal & Child Health Nursing: Care of The Childbearing & Childrearing Family, 6th ed., vol. 10, no. 1. China, 2010.

E. Fadlyana, A. Alisjahbana, I. Nelwan, M. Noor, S. Selly, and Y. Sofiatin, “Pola Keterlambatan Perkembangan Balita di daerah Pedesaan dan Perkotaan Bandung, serta Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,†Sari Pediatr., vol. 4, no. 4, p. 168, 2016.

J. Dahlia, “Dampak Jangka Panjang Keterlambatan atau Gangguan Bicara-Bahasa, Hal yang Perlu Diketahui Orangtua,†IDAI, vol. 1, pp. 1–4, 2017.

L. Kartika et al., Keperawatan Anak Dasar, 1th ed. Yayasan Kita Menulis, 2021.

Budiman and A. Riyanto, Kapita Selekta Kuesioner (Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan), 1th ed. Jakarta Selatan: Salemba Medika, 2014.

S. Ginting, A. Simamora, and N. Siregar, Penyuluhan Kesehatan Tingkatkan Pengetahuan Ibu dalam Mencegah Stunting, 1th ed. Jawa Tengah, Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2022.

S. Anggraeni and S. Dhewi, “Pengetahuan Ibu dan Pemberian Stimulasi Perkembangan Pada Anak Usia Prasekolah di Paud Terpadu Ma’rifah Ashfia Banjarbaru,†2019, pp. 342–351.

S. Notoatmodjo, Metodologi Penelitian Kesehatan, 3th ed. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2018.

S. Saleh, M. Alghfeli, L. Al Mansoori, A. Al Kaabi, S. Al Kaabi, and S. C. Nair, “Knowledge and Awareness Among Mothers Regarding Early Childhood Development : A Study From the United Arab Emirates,†vol. 15, no. 4, 2023, doi: 10.7759/cureus.37027.

Published

2023-09-25

How to Cite

Yesy, Y. (2023). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Anak Prasekolah. Journal of Nursing and Health Science, 2(3). https://doi.org/10.58730/jnhs.v2i3.87

Issue

Section

Research Article