Pengaruh Practical Life Skill Terhadap Tingkat Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah di TK RA Pembina Bintaro Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.58730/jnhs.v2i3.89Keywords:
Anak Usia Prasekolah, Kemandirian, Practical Life SkillAbstract
Anak usia prasekolah adalah anak dengan rentang usia antara 3-6 tahun yang belum memasuki sekolah dasar atau masih di PAUD dan taman kanak-kanak. Tingkat kemandirian pada anak usia prasekolah masih dalam cakupan di bawah target. Kemandirian adalah tidak bergantung dengan orang lain khususnya orang tua, kemampuan untuk melakukan kegiatan atau tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan dari orang lain, yang sesuai dengan tahap dan kapasitas perkembangannya. Salah satu pembelajaran yang dapat diberikan untuk menanamkan kemandirian pada anak diantaranya melalui kegiatan practical life skill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh practical life skill terhadap tingkat kemandirian anak usia prasekolah di TK RA Pembina Bintaro Jakarta Selatan. Desain penelitian ini menggunakan metode quasy eksperiment dengan rancangan one group pretest and posttest design. Sampel yang digunakan adalah anak kelas A1 di TK RA Pembina Bintaro sebanyak 18 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu SAP, SOP leaflet dan lembar observasi kemandirian. Uji statistik yang digunakan yaitu paired T-test. Hasil penelitian didapatkan ada pengaruh practical life skill terhadap tingkat kemandirian anak usia prasekolah di TK RA Pembina Bintaro dengan p-value 0.001. Peneliti mengharapkan agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pembelajaran yang dapat diberikan untuk menanamkan kemandirian.References
Depkes RI, Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes, 2015.
D. L. Wong, Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, 1st ed. Jakarta: EGC, 2015.
R. E. Izzaty, Perilaku Anak Prasekolah, 1st ed. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2017.
N. S. Rochwidowati and R. Widyana, “Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Dengan Pemberian Pengukuh Positif,†Insight J. Ilm. Psikol., vol. 18, no. 1, p. 49, 2017, doi: 10.26486/psikologi.v18i1.348.
F. V. Ismiriyam, A. Trisnasari, and D. E. Kartikasari, “Gambaran Perkembangan Sosial Dan Kemandirian Pada Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun Di Tk Al- Islah Ungaran Barat,†Implementasi Penelit. Pada Pengabdi. Menuju Masy. Mandiri Berkemajuan, pp. 172–176, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2290
E. Salina, M. Thamrin, and Sutarmanto, “Faktor-Faktor Penyebab Anak Menjadi Tidak Mandiri Pada Usia 5-6 Tahun Di Raudatul Athfal Babussalam,†J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 6, pp. 1–10, 2014.
D. B. Utami, “Kolerasi Antara Perhatian Orang Tua dan Secure Attacment Terhadap Kemandirian Anak,†Muhammadiyah Magelang, 2019. [Online]. Available: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/133
Y. Syaiful, L. Fatmawat, and W. M. Nafisah, “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah,†J. Ners Community, vol. 11, no. 2, pp. 216–227, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.55129/jnerscommunity.v11i2.1134
A. R. Aprilia and R. Rohita, “Kegiatan Practical Life: Upaya Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia 3-4 Tahun,†J. Anak Usia Dini Holistik Integr., vol. 4, no. 2, p. 48, 2022, doi: 10.36722/jaudhi.v4i2.829.
Z. Zahira, Islamic Montessori (Panduan Mendidik Anak Dengan Metode Montessori dan Pendekatan Nilai-Nilai Islami). Jakarta: Anak Kita, 2019.
I. H. D. Ariani, “Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Life Skill di BA Aisyiyah Jombor,†Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.
T. Wijayanti, M. M. Syamsuddin, and A. R. Pudyaningtyas, “Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Practical Life Activity Pada Anak Usia 5-6 Tahun,†Kumara Cendekia, vol. 7, no. 4, p. 440, 2019, doi: 10.20961/kc.v7i4.31774.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitas, Kualitatif, Kombinasi dan R&D, 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2019.
W. Ramadhany, “Penerapan Pembelajaran Practical Life Skill pada Sistem Montessori dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini,†Universitas Islam Indonesia, 2019. [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16737
T. W. P. Utami, M. Nasirun, and M. Ardina, “Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender,†J. Ilm. Potensia, vol. 4, no. 2, pp. 151–160, 2019, doi: 10.33369/jip.4.2.151-160.
P. D. Furqoni and R. Winarno, “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemandirian Anak Prasekolah di TK Negeri Pembina Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah,†vol. 1, 2021.