Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Siswa SDN Cipadu Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.58730/jnhs.v1i1.21Keywords:
Media Audio Visual, Pendidikan Kesehatan, Perilaku Cuci Tangan Pakai SabunAbstract
Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Anak membutuhkan perhatian yang besar, salah satunya memberikan pendidikan kesehatan tentang mencuci tangan pakai sabun. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan upaya sanitasi untuk menjaga kesehatan tubuh dengan membersihkan tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun cuci tangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada siswa di SDN Cipadu 02 Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain quasy experimental dengan rancangan pretest posttest without control group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Cipadu 02 Tangerang, dengan jumlah sampel 18 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi Standar Operasional Prosedur (SOP) cuci tangan pakai sabun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Andriani (2017). Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan ada pengaruh yang signifikan (p value = 0,001). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan perawat dapat memberikan pendidikan kesehatan dengan media audio visual, sebagai intervensi terhadap perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).References
Kemenkes RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kemenkes RI.
__________ (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Suiraoka, I. P. & I D. N. S. (2012). Media Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jafar & Ba’diah. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Audio Visual Terhadap Perilaku Personal Hygiene Anak Kelas IV di SDN 2 Jambidan Banguntapan Bantul. Jurnal Keperawatan. Dibuka 1 Maret 2020 dari http://digilib.unisayogya.ac.id/55/1/Naskah%20Publikasi%20Cindy.pdf
Mahmudah & Handayani. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pengetahuan Tentang Cuci Tangan Pada Anak SD Kragilan Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Maternal, 1 (1). Dibuka 8 Maret 2020 dari https://ejurnal.stikesmhk.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_maternal/article/viewFile/610/545