Hubungan Pelaksanaan Metode Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Pertamedika

Authors

  • Maryati Maryati Progam Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamedika
  • Cindy Ayu Maliani Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamedika, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58730/jnhs.v2i1.64

Keywords:

Mahasiswa, Motivasi Belajar, Pandevi Covid-19, Pembelajaran Daring

Abstract

Virus Covid-19 adalah suatu penyakit jenis baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya pada manusia yang membahayakan terhadap saluran pernafasan bahkan sampai menyebabkan kematian. Hal tersebut dapat berdampak pada berbagai bidang di indonesia, terutama pada bidang Pendidikan yang selama ini dilakukan secara langsung sehingga dinilai lebih efektif. Kemendikbud membuat perubahan pada pembelajaran yaitu dengan metode pembelajaran secara daring atau dengan secara online. Dimana perubahan tersebut kemungkinan berpengaruh terhadap motivasi belajar. Motivasi Belajar adalah segala usaha dalam diri sendiridan memberi arahan dalam kegiatanbelajar sehingga tujuan yang dihendaki tercapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelaksanaan metode pembelajaran daring dengan motivasi belajar di masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa S1 Keperawatan Angkatan 11 STIKes Pertamedika.Desain Penelitian ini menggunakan deskriptif kolerasi dengan pendekatan Cross Sectional.Populasinya mahasiswa S1 keperawatan angkatan 11a di STIKes Pertamedika. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 responden. Teknik pengambilan sampel ini adalah total sampling.Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.Analisa data menggunakan Chi Square. Hasil analisa uji Chi Square didapatkan P Value 0,505 >α 0,05 yang berarti tidak ada hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada institusi pendidikan keperawatan agar dapat mengembangkan pembelajaran daring dan motivasi belajar mahasiswa meningkat. Upayayang dilakukan adalahmemodifikasi pembelajaran dengan dibuat lebih menarik dalam penyampaiaan materidan interaktif.

References

J. A. Dewantara and T. H. Nurgiansah, “Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta,†J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 367–375, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.669.

S. N. K. Astini, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19,†J. Lemb. Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, vol. 11, no. 2, pp. 13–25, 2020, doi: 10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.

L. M. Yapanto, “Dampak Pandemi Covid-19 dilihat dari Beberapa Sudut Pandang,†Universitas Negeri Gorontalo.

W. Novia and W. Wasehudin, “Dampak Pandemi Covid terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pai,†TARBAWY Indones. J. Islam. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 23–37, 2021.

Syaharuddin, R. Fahlevi, and Sriwati, Menulis Fenomena Sosial Pandemi Covid-19. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 2021.

S. A. Sadokaki and M. Musa, “Analisis Perilaku Social Distancing terhadap Pendidikan Karakter Siswa dalam Aktifitas Pembelajaran pada Tpq Al-Mujahidin Penfui,†TA’LIM J. Pendidik. Agama Islam Dan Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2022.

A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,†EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.

N. A. Yensy, “Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19),†J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 5, no. 2, pp. 65–74, 2020, doi: 10.33369/jpmr.v5i2.11410.

R. Triandy, A. Rustandi, D. Harmaen, and A. S. Nugraha, “Efektivitas Pembelajaran Daring di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Menggunakan Aplikasi Moodle (Elearning Fkip Unpas),†Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 8, no. 1, pp. 540–551, 2022, doi: 10.36989/didaktik.v8i1.326.

A. Cahyani, I. D. Listiana, and S. P. D. Larasati, “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,†IQ (Ilmu Al-qur’an) J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 01, pp. 123–140, 2020, doi: 10.37542/iq.v3i01.57.

I. Oktiani, “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik,†J. Kependidikan, vol. 5, no. 2, pp. 216–232, 2017, doi: 10.24090/jk.v5i2.1939.

D. P. Ramadhan, S. Susilaningsih, and A. Husna, “Hubungan antara Penggunaan Google Classroom dengan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI,†JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 178–187, 2021, doi: 10.17977/um038v4i22021p178.

M. Akil, “Kinerja Guru Bersertifikasi Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir (Studi Pada Guru Tingkat Sekolah Menengah Pertama),†Universitas Islam Riau, 2020.

A. Paramitha, “Peran Mediasi Motivasi Intinsik pada Pengaruh Dukungan Kerja dan Dukungan Non Kerja terhadap Kreativitas Karyawan,†J. Ekon., vol. 25, no. 2, pp. 29–44, 2017.

P. Tehupuring and A. J. Gundo, “Hubungan Persepsi terhadap Metode Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi-Uksw,†Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 3, no. 1, pp. 71–84, 2021, doi: 10.37478/jpm.v3i1.1403.

Y. Fitriyani, I. Fauzi, and M. Z. Sari, “Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19,†Profesi Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 121–132, 2020, doi: 10.23917/ppd.v7i1.10973.

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Maryati, M., & Maliani, C. A. (2023). Hubungan Pelaksanaan Metode Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Pertamedika. Journal of Nursing and Health Science, 2(1), 32–36. https://doi.org/10.58730/jnhs.v2i1.64

Issue

Section

Research Article